Edukasi Interaktif Satwa Monyet di Wendit Wonder Walks





Edukasi Interaktif Satwa Monyet di Wendit Wonder Walks
Phoenix Creative – Universitas Muhammadiyah Malang
Malang, 6 Juli 2025 – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam kelompok Phoenix Creative sukses menyelenggarakan kegiatan edukatif bertajuk “Wendit Wonder Walks” yang berlangsung di kawasan New Wisata Wendit.
Kegiatan ini diikuti oleh 30 anak-anak dan bertujuan untuk memberikan pengalaman edukatif secara langsung mengenai kehidupan satwa liar, khususnya monyet di kawasan Wendit, serta mengasah kemampuan anak dengan berbagai kegiatan interaktif lainnya secara berkelompok.
Penjelajahan dilakukan secara interaktif dari zona 1 hingga zona 5, dengan aktivitas berbeda di tiap zona, antara lain:
- Edukasi dan memberi makan monyet
- Eksperimen penyaringan air kotor menjadi air bersih,
- Menyusun puzzle
- Mini show berupa yel-yel dari anak-anak
Selama penjelajahan berlangsung, masing-masing anak didampingi oleh volunteer pendamping (LO) yang telah dibekali pengarahan sebelumnya. Sementara itu, orang tua turut mengikuti kegiatan sebagai pengamat dan pendukung, serta mengabadikan momen anak-anak mereka selama kegiatan berlangsung.
Acara ini juga dihadiri oleh Ibu Isnani Dzuhrina S.Sos, M.Adv, dosen Ilmu Komunikasi UMM, yang memberikan apresiasi atas upaya mahasiswa dalam menyelenggarakan event berbasis edukasi langsung yang menyenangkan bagi anak-anak.
Melalui Wendit Wonder Walks, diharapkan peserta maupun orang tua dapat mengubah cara pandang terhadap monyet liar, dari yang semula dianggap mengganggu menjadi keunikan alam yang khas dan menarik, sekaligus menumbuhkan rasa hormat terhadap keberadaan satwa lokal.
Salah satu pendamping peserta turut menyampaikan harapannya setelah kegiatan berlangsung,
“Semoga kegiatan seperti ini bisa diadakan kembali.”
Antusiasme tersebut menjadi cerminan keberhasilan Wendit Wonder Walks dalam menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak. Kegiatan ini sekaligus menjadi bentuk implementasi nyata dari mata kuliah Manajemen Event, di mana mahasiswa tidak hanya merancang dan melaksanakan kegiatan, namun juga belajar mengelola tim, komunikasi, dan evaluasi secara langsung di lapangan.